Trik Sukses Cepat Kumpulkan Uang untuk DP Rumah

Trik Sukses Cepat Kumpulkan Uang untuk DP Rumah

Property

Memiliki rumah sendiri bisa dibilang adalah impian setiap orang. Namun, mahalnya harga rumah sekarang ini membuat banyak orang berpikir ulang untuk membeli. Untungnya, Anda bisa wujudkan rumah imajinasimu dengan cara kredit KPR. Sebelum ajukan KPR, Anda harus memiliki DP yang cukup dulu. Ini tips kumpulkan uang untuk DP yang cepat!

  1. Menjalani Pekerjaan Sampingan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mengumpulkan uang dengan cepat untuk DP rumah adalah dengan menjalani pekerjaan sampingan. Hal ini bisa dilakukan bila pekerjaan utama Anda hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan dan Anda tak memiliki dana yang cukup untuk ditabung.

Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan. Misalnya saja berjualan online dan lainnya. Pendapatan sampingan ini bisa Anda sisihkan di rekening terpisah untuk persiapan mengambil KPR. Tentunya, Anda bisa memilih pekerjaan sampingan terbaik sesuai dengan minat dan waktu yang dimiliki. Tujuannya, agar pekerjaan itu tak ganggu pekerjaan utama.

  1. Menghemat Biaya Hidup

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang DP yang cepat untuk ambil KPR adalah menghemat biaya hidup yang dikeluarkan. Tak banyak yang menyadari bahwa gaya hidup yang selama ini mereka jalani ternyata cukup boros. Inilah yang mengakibatkan Anda susah untuk menabung dan mengumpulkan DP.

Mulai sekarang, cobalah untuk menghemat biaya hidup Anda. Kurangilah pengeluaran yang tak terlalu penting semisal untuk  nongkrong atau sekadar cari hiburan. Selain itu, pergunakan juga listrik di rumah dengan efektif untuk meminimalkan biaya listrik tiap bulan. Dengan begitu, di akhir bulan Anda memiliki kesempatan untuk menyisihkan tabungan.

  1. Meminjam Uang dengan Bunga 0%

Zaman sekarang, apa masih ada yang mau memberikan pinjaman dengan bunga 0%? Kalau Anda pinjam di bank ataupun di platform pinjaman online, bisa dipastikan Anda tak akan mendapatkannya. Namun, Anda bisa tetap dapat pinjaman tanpa bunga bila meminjam uang dari keluarga atau sahabat, kok!

Pinjaman tanpa bunga seperti ini tak akan membebani kondisi finansial Anda. Jangan lupa untuk menghitung kemampuan bayar pinjaman Anda lebih dulu sebelum melakukan pinjaman. Ada baiknya, diskusikan dengan pihak pemberi pinjaman kapan Anda bisa melunasi pinjaman tersebut dan tentukan jangka waktunya.

Dengan cara ini, anggota keluarga Anda ataupun sahabat pastinya tak akan keberatan untuk memberikan pinjaman. Namun, tentunya Anda juga harus memberikan itikad baik dalam melunasi pinjaman juga.

  1. Manfaatkan Aset Investasi

Anda memiliki emas atau deposito? Jika iya, ini bisa jadi cara cepat untuk dapatkan kredit rumah mudah dengan KPR. Aset terhadap emas dan deposito bisa Anda gunakan untuk mengambil KPR dengan menjadikannya sebagai DP. Apalagi, kedua jenis aset ini adalah aset lancar yang sangat mudah digunakan.

Nilai investasi dari keduanya juga pasti akan terus bertambah setiap tahun. Tenang, tak usah merasa rugi dengan menjadikannya DP. Anda tetap memiliki investasi tersebut. Hanya saja, bentuknya yang berubah. Bila sebelumnya Anda menyimpan aset investasi berupa emas dan deposito, sekarang berubah menjadi aset properti.

  1. Menyimpan Pendapatan Tak Terduga

Pendapatan tak terduga seperti bonus pekerjaan, insentif atau potongan pembayaran tertentu sebaiknya disisihkan secara terpisah. Hal ini baik untuk tabungan Anda. Anda bisa menyimpannya untuk keperluan DP KPR rumah yang Anda inginkan.

Meski tidak besar, namun jika dikumpulkan, jumlahnya juga akan cukup fantastis. Daripada Anda menggunakannya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik ditabung dan digunakan untuk hal yang mendatangkan keuntungan.

  1. Disiplin Menabung dengan Sistem Autodebet

Anda punya pendapatan yang cukup besar tapi masih susah menabung? Atau, kondisi lain seperti Anda memiliki pendapatan yang besar, menabung dengan angka yang cukup besar di awal bulan namun di akhir bulan terpaksa harus menggunakannya karena kehabisan pegangan di akhir bulan?

Tak sedikit, kok, orang yang seperti ini. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup boros yang Anda terapkan. Gaya hidup boros ini bisa menjadi batu sandungan untuk Anda mendapatkan apa yang diinginkan. Lalu, bagaimana solusi yang bisa diterapkan? Selain mencoba menghemat, Anda bisa coba lebih disiplin dalam menabung.

Cobalah untuk menggunakan sistem autodebet ke rekening yang berbeda pada tanggal yang sudah ditetapkan. Nah, sisa tabungan yang sudah di autodebet bisa Anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari tentunya dengan cara yang lebih hemat. Satu lagi, anggap tabungan autodebet tadi tidak ada, dengan begitu Anda tak akan tertarik menggunakannya.

Nah, itulah tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa mengumpulkan dana tabungan yang cukup untuk DP rumah. Meski agak lama, namun dengan cara ini Anda bisa mewujudkan desain rumah yg bikin relax sesuai dengan imajinasimu. Anda juga bisa berinvestasi dengan properti rumah yang didapat dengan cara KPR sehingga tetap menguntungkan.