Tips Menjaga TV Tetap Awet

Tips Menjaga TV Tetap Awet

Others

Terdapat beberapa cara membersihkan layar led tv. Cara – cara tersebut sering kali salah dilakukan oleh orang – orang. Cara membersihkan layar led tv sangat mudah. Pertama matikan tv dan cabut kabel yang terhubung dengan tv. Kedua siapkan kain yang lembut untuk mengelap bagian led tv, untuk hasil yang lebih maksimal bisa menggunakan tissue basah agar led tv tidak tergores. Cara yang snagat mudah tersebut sering disalah artikan dengan orang – orang awan. Banyak yang menggunakan kain – kain biasa untuk membersihkan layar led tv. Membersihkan dengan kain yang kasar terutama kain lap akan membuat led tv tergores dan membuat beberapa kerusakan kecil pada layar led tv sendiri. selain merawat layar led tentu menjaga tv tetap awet dan bersih adalah hal yang harus dilakukan. Televisi adalah sebuah sarana hiburan dan  informasi yang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat.

Televisi pada masa sekarang ini juga sudah sangat banyak jenisnya. Dahulu televisi dibuat menggunakan sebuah komponen besar yang sangat berat. Komponen – komponen tersebut disatukan hingga membuat ukuran dari sebuah tv sangat besar dan lebar. Semakin maju perkembangan zaman televisi – televisi tersebut telah mengalami perombakan yang sangat besar. Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat maju. Jika dahulu televisi – televisi masih berukuran sangat besar maka pada zaman sekarang televisi telah berukuran sangat tipis. Televisi yang berukuran tipis ini dinamakan led tv. Led adalah layar dari sebuah monitor. Dan layar tersebut dimanfaatkan untuk sebuah televisi layar yang sangat besar. Selain keistimewaan dari penggunaan led juga terdapat banyak fitur – fitur unggul yang berbeda dari tv – tv tabung zaman dulu.

Dengan semakin banyaknya jenis dan tipe televisi tentu membuat calon konsumen harus ekstra teliti memilih televisi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Hal terpenting yang harus diperhatikan setelah memiliki televisi adalah cara merawat dan mejaga televisi – televisi tersebut tetap awet walau telah bertahun – tahun digunakan. Berikut beberapa tips menjaga tv tetap awet:

  1. Jauhkan televisi dari sinar matahari langsung.

Sinar matahari langsung akan membuat televisi menjadi cepat panas. Komponen – komponen pada televisi akan berkontraksi dengan panas dari sinar matahari, hal tersebut akan membuat televisi menjadi cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut tempatkan televisi di tempat – tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung.

  1. Bersihkan televisi secara berkala

Membersihkan televisi secara berkala artinya membersihkan debu – debu yang menempel pada body televisi. Untuk layar televisi dapat menggunakan tisu atau kain – kain lembut yang tidak berserat. Untuk led tv khusus nya penggunaan kain yang lembut akan mengurangi dampak goresan yang akan membuat layar led menjadi cepat rusak.

  1. Hindarkan dari smartfone

Smartfone adalah sebuah benda yang memiliki medan magnet tinggi. Televisi akan mengalami gangguan jika dekat dengan medan magnet dari smartfone. Untuk menghindari kerusakan akibat medan magnet ada baiknya jika televisi dan smartfone di letakkan di tempat yang agak berjauhan. Selain smartfone terdapat banyak benda lain yang juga mengandung medan magnet tinggi, salah satunya adalah sound active yang biasa di pasang untuk televisi. Penggunaan sound sebaiknya berada di bawah televisi agar tidak mengganggu kinerja dari televisi itu sendiri.

  1. Matikan televisi saat tidak dipakai

Mematikan televisi saat tidak digunakan selain dapat membuat televisi tersebut awet juga membuat daya listrik yang digunakan menjadi lebih sedikit. Hemat energy adalah prinsip utama dari mematikan televisi ketika tidak digunakan. Mematikan televisi tidak hanya dengan menekan tombol sleep yang terdapat pada remote akan tetapi mencabut kabel yang terhubung dengan daya listrik juga termasuk salah stau tindakan tepat. Saat tombol sleep yang biasanya ditandai dengan on/off televisi tersebut masih bekerja. Ketika televisi masih terhubung dengan kabel walaupun tidak menampilkan gambar akan tetapi mesin pada televisi tersebut masih tetap bekerja. Untuk menghindari kinerja yang berlebihan ada baiknya mencabut kabel televisi saat tidak digunakan. Selain menghindari penggunaan listrik yang berlebihan hal tersebut juga akan membuat televisi menjadi lebih awet.