Tips Aman dan Hemat Belanja di Shop Online

Tips Aman dan Hemat Belanja di Shop Online Media Sosial & Marketplace

Others

Shop online merupakan tempat jual beli yang dilakukan melalui perangkat computer, laptop, maupun smartphone secara virtual. Penjual dan pembeli tidak saling bertemu secara langsung, metode pembayaran order juga menggunakan debit, kartu kredit, dan lain-lain. Semakin berkembangnya toko online, anda harus berhati-hati dalam berbelanja dengan menerapkan tips-tips berikut.

Memahami modus penipuan

Transaksi jual beli yang tidak dilakukan secara langsung menuntut pembeli untuk tetap waspada terhadap beberapa modus penipuan. Oknum pedagang online yang nakal bisa saja tidak mengirimkan produk pesanan setelah anda melunasi tagihan. Kasus-kasus ketidaksesuaian foto yang terpajang dengan aslinya juga menimbulkan keresahan tersendiri.

Langkah pencegahan yang bisa anda terapkan yaitu dengan mengetahui ciri-ciri oknum shop online dengan modus penipuan, waspadai 5 modus berikut.

  1. Tidak punya identitas

Toko virtual tidak selalu mempunyai kantor jualan offline karena banyak penjual yang menggunakan sedikit ruang serba guna di rumah sebagai kantor. Meskipun demikian, anda perlu memastikan terlebih dahulu jika identitas online shop tersebut benar-benar valid. Banyak orang lebih memilih membeli secara online karena rekomendasi ataupun mengenal penjual secara langsung.

  1. Penawaran harga terlalu rendah

Setiap pembeli yang menjelajahi marketplace pasti ingin mendapatkan harga paling murah. Hal ini sangat wajar, tetapi anda harus mengetahui harga minimum dari produk tersebut. Apabila penawaran harga dari toko online sangat tidak masuk akal maka harus berhati-hati.

Beberapa kemungkinan penipuan yang bisa terjadi yaitu produk tiruan & tidak sesuai foto, ukuran kekecilan, maupun barang tidak dikirim.

  1. Foto produk yang terpasang tidak original

Modal pemasaran produk melalui dunia maya adalah foto yang berkualitas. Namun, sering kali penjual memasang foto milik orang lain di etalase toko onlinenya. Hal ini bisa menjadi catatan untuk anda tentang shop online tersebut.

Apabila penjual memang reseller atau agen resmi dari produk itu, meskipun foto bukan milik pribadi kualitas tetap HD. Tetapi hal ini tidak bisa menjadi patokan sepenuhnya. Berhati-hatilah terhadap penjual yang memasang foto berkualitas rendah dan serupa dengan toko lain. Online shop yang professional biasanya memberikan foto HD dan model sendiri.

  1. Respon sangat lambat

Indikasi modus penipuan selanjutnya adalah respon admin terhadap chat yang anda kirim sebagai pembeli. Jika chat dibalas sehari setelah pengiriman pesan maka masih masuk dalam kategori aman meskipun bisa dibilang responnya cukup buruk. Tetapi ketika chat yang penting belum dibalas setelah berhari-hari maka bisa dicurigai masuk dalam modus penipuan.

  1. Nama nomor rekening tidak sama

Transaksi pembayaran harus dilakukan dengan ketentuan masing-masing penjual. Anda akan diberikan nomor rekening untuk pembayaran. Biaya transfer antar bank akan dikenakan biaya administrasi membuat banyak penjual online memiliki banyak nomor rekening untuk memudahkan customer. Apabila nama yang tercantum dari nomor-nomor rekening tersebut berbeda-beda, maka bisa jadi tanda shop online palsu.

Melihat review & penilaian

Pasar online yang bermitra dengan pedagang-pedagang online sudah banyak yang memberikan fasilitas testimoni pelanggan. Setelah memilih produk dan cocok dengan harga yang diberikan salah satu penjual, anda bisa melihat review produk tersebut dari orang-orang yang sudah membelinya.

Apabila respon cenderung negatif dan reputasi lapak online tidak terlalu bagus, anda sebaiknya berpikir ulang sebelum transaksi.

Baca deskripsi produk dengan baik

Salah satu poin yang harus diperhatikan adalah deskripsi produk yang ditawarkan. Dalam transaksi online pembeli tidak bisa secara langsung mengetahui tekstur bahan, melihat ukuran, warna, dan keaslian produk. Oleh karena itu, penting sekali membaca secara teliti deskripsi produk yang ingin dibeli agar tidak menyesal dikemudian hari.

Simpan bukti pembayaran

Bukti transfer pembayaran sebaiknya anda simpan sebagai tindakan preventif jika barang yang dibeli tidak kunjung sampai ke rumah. Sehingga bisa dijadikan bahan bukti ketika komplain.

Berbelanja di shop online memang lebih praktis, tetapi perhatikan hal-hal di atas agar tidak menjadi korban penipuan. Pastikan identitas toko terpercaya, harga yang relevan, nama rekening yang sama, reputasi dan testimoni positif. Jangan lupa baca deskripsi produk sebelum order dan simpan bukti transfer.