Menawarkan Layanan yang Lengkap, Ini 5 Keuntungan Menggunakan Fulfillment Center

Menawarkan Layanan yang Lengkap, Ini 5 Keuntungan Menggunakan Fulfillment Center

Others

Untuk Anda yang menggeluti dunia usaha perdagangan barang secara online, tentu tidak asing dengan warehouse. Namun bagaimana dengan fulfillment center? Jika Anda belum pernah mendengar istilah ini, fulfillment center merupakan sebuah tempat dengan fungsi yang sama seperti warehouse namun dengan layanan yang lebih lengkap. Fulfillment service tidak hanya menyediakan ruangan untuk menyimpan barang, namun juga SDM handal yang akan mengelola distribusi barang.

Warehouse atau gudang biasanya hanya digunakan untuk menyimpan barang dalam jangka waktu tertentu. Ketika ada pesanan, Anda akan mengelola pesanan ini sendiri mulai dari pengambilan barang, pengemasan, hingga proses pengiriman. Berbeda dengan fulfillment center. Tempat ini menawarkan layanan yang lengkap, mulai dari penyimpanan barang hingga proses pick, pack, and ship.

Keuntungan Menggunakan Fulfillment Center

Fulfillment service memang memberikan layanan yang lebih dari warehouse biasa. untuk itu, sudah seharusnya Anda mulai berpikir untuk beralih ke fulfillment center. Kenapa harus? Karena tempat ini menawarkan berbagai keuntungan bagi para pelaku usaha, diantaranya yaitu :

1.     Mengurangi kegiatan bisnis

Yang pertama, kegiatan bisnis perdagangan yang Anda pegang akan berkurang jumlahnya. Jika sebelumnya Anda harus mengurusi semuanya sendiri, mulai dari stok barang, mengelola pesanan, hingga mengirimkan barang kepada konsumen, kini Anda hanya perlu mengurusi soal stok barang. Anda tidak perlu pusing lagi soal pengelolaan pesanan hingga pengiriman barang kepada konsumen karena sudah ada yang mengelolanya.

2.     Stok barang lebih banyak dan lebih aman

Yang kedua, fulfillment center memiliki gudang yang luas sehingga Anda bisa stok barang dalam jumlah banyak sekaligus. Selain itu, Anda pun tidak perlu khawatir soal keamanan karena fulfillment warehouse dilengkapi dengan sistem keamanan lengkap dan teknologi canggih.

3.     Bisa fokus memperbesar skala bisnis

Yang ketiga, Anda bisa fokus memperbesar skala bisnis. Anda bisa melakukan riset pasar dan mencari tahu keinginan pembeli. Hal ini sangat mungkin terjadi karena Anda menggunakan fulfillment service sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk melakukan riset.

4.     Menjangkau pasar yang lebih luas

Yang keempat, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Fulfillment warehouse biasanya tersebar di berbagai kota-kota besar. Anda bisa memanfaatkan warehouse yang ada di luar kota yang jauh dari lokasi Anda agar bisa menjangkau konsumen yang ada di sana. Dengan menempatkan barang di warehouse yang dekat dengan konsumen, pengiriman akan lebih cepat dan juga murah.

5.     Manajemen inventaris yang hAndal

Yang kelima, fulfillment service menawarkan manajemen inventaris yang handal. Dengan menggunakan teknologi yang terhubung dengan jaringan internet, Anda bisa mengetahui dan memantau stok barang secara real time.

Nah, itulah 5 keuntungan memilih fulfillment center. Dengan fulfillment service yang lengkap, Anda tidak hanya menitipkan barang di suatu tempat, namun juga menyerahkan pengelolaan barang pesanan kepada orang-orang yang handal di bidangnya.