Manfaat Senam Anak Untuk Kesehatan Fisik Anak

Manfaat Senam Anak Untuk Kesehatan Fisik Anak

Parenting

Untuk mendukung pertumbuhannya, anak-anak harus selalu aktif bergerak. Apalagi di masa pandemi corona ini. banyak bergerak akan membuat tubuh sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Anda bisa mengajak anak-anak untuk berolahraga di rumah. Salah satunya dengan melakukan senam anak. Anak memiliki tubuh yang lentur, sehingga mudah menirukan gerakan senam. Berikut ini manfaat senam untuk kesehatan fisik anak.

Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak

Proses tumbuh kembang anak akan mempengaruhi karakternya saat dewasa nanti. Oleh karena itu orang tua harus selalu menstimulasinya dengan baik. senam memiliki manfaat yang banyak sekali. Salah satunya adalah mengembangkan kemampuan motorik anak. Terutama motorik kasar anak. Anak akan melakukan berbagai gerakan yang bisa membuat sistem geraknya semakin berkembang. Otot dan tulangnya pun semakin sehat dan kokoh.

Melatih Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh

Dengan melakukan senam bisa membantu melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh. Membuat tubuh lebih lentur, sehat dan koordinasi antar tangkai semakin baik. refleks gerak tubuh anak akan semakin baik, sehingga dia tidak mudah jatuh. Ini juga akan membantu anak lebih cepat belajar menggunakan sepeda roda dua.

Meningkatkan Kekuatan Anak

Gerakan senam sangat banyak sekali, ada beberapa gerakan yang membantu meningkatkan kekuatan anak. Terutama dibagian otot perut, otot punggung, kaki tangan dan lainnya. anak akan terus aktif bergerak, sehingga otot dan tulangnya akan semakin kuat.

Mengurangi Risiko Terkena penyakit Stroke dan Jantung Saat Dewasa

Stroke dan penyakit jantung termasuk penyakit yang mematikan. Sekarang sudah banyak orang tua yang mengalaminya. Supaya anak anda terhindar dari penyakit stroke dan jantung saat dewasa, ajaklah anak untuk melakukan senam secara rutin setiap minggunya. Dengan memperbanyak aktivitas fisik, membuat paru dan jantung bekerja dengan baik. metabolisme tubuh dan sistem sirkulasi pun akan semakin berkembang dengan baik,

Melatih Ingatan

Tidak hanya belajar yang bisa melatih ingatan. Senam pun bisa membantu anak melatih ingatan. Dalam melakukan senam, ada beberapa gerakan yang dilakukan. Anak harus bisa mengingat semua gerakan tersebut.sehingga melatih konsentrasi dan ingatannya. Jika anda melakukan senam secara rutin, secara tidak langsung ingatannya semakin terlatih.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat utama senam adalah meningkatkan imunitas tubuh. Tubuh anak akan semakin sehat dan tidak mudah sakit. Apalagi di tengah pandemi corona seperti sekarang ini. selain dari nutrisi makanan, aktivitas fisik juga bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Ada begitu banyak manfaat senam anak. Anda bisa melakukan senam di rumah dengan santai. Sehingga tidak berkerumun dengan orang lainnya. jangan lupa untuk tetap konsumsi makanan yang sehat. Sehingga tubuh selalu sehat dan kuat. Anda juga akan mendapatkan kegiatan yang seru bersama anak-anak.