Makanan Khas Madura Daerah Bangkalan yang Terkenal

Makanan Khas Madura Daerah Bangkalan yang Terkenal

Others

Pulau Madura yang ada di Jawa Timur punya beberapa kabupaten, salah satunya adalah Bangkalan. Sebagai ibu kota dari kabupaten itu, semakin banyak wisatawan yang berkunjung buat menikmati tempat wisatanya, termasuk makanan khas Madura yang berasal dari Bangkalan sendiri. Selain soto dan sate, ada banyak lagi makanan khasnya yang nikmat buat kamu cicipi.

Sebagai tujuan wisata yang wajib kamu coba, wisata kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu sebagai berikut.

Soto Mata Sapi

Makanan yang menjadi khasnya Madura di daerah Bangkalan yaitu soto mata sapi. Kalau Madura umumnya terkenal dengan soto Madura, soto satu ini sangat berbeda dan lebih dari soto mana pun. Dengan sajiannya yang ekstrim yaitu memakai mata sapi, jangan salah sangka dengan rasanya yang lezat dan bisa menggugah selera kamu.

Bahan dasarnya memakai mata sapi yang masih utuh dan dalam balutan tulangnya. Dengan tambahan bumbu khasnya, warna kuahnya lebih berwarna merah daripada kebanyakan kuah soto yang bening atau kuning. Selain mata sapinya, ada tambahan babat dan daging sapi yang potongannya kecil-kecil.

Topak Ladeh

Tidak lengkap rasanya setelah kamu seharian berwisata di Bangkalan, kamu belum mencicipi makanan khasnya yaitu topak ladeh. Makanan satu ini sangat gurih dengan kuahnya yang berwarna merah dan terbuat dari santan yang gurih dan kental. Tidak heran kelezatannya bisa menggugah selera siapa pun yang melihatnya dan mencium aromanya yang sedap.

Mirip seperti sayur kupat, topak ladeh juga diberikan lontong sebagai sajian pelengkapnya. Kalau kamu mau gampang menemukan makanan ini, kamu langsung saja ke Pasar Senen Bangkalan. Di sana ada banyak penjual topak ladeh yang mengundang kamu buat mencicipinya.

Tajin Sobih

Makanan khas Madura yang berasal dari Bangkalan lainnya yaitu tajin sobih. Kalau dilihat sekilas, makanan ini terlihat seperti bubur kebanyakan. Tapi yang berbeda dari tajin sobih dengan bubur yaitu rasanya yang lebih gurih dan manis. Kalau bubur pada umumnya hanya dicampur ayam, bawang seledri dan kacang, makanan ini ditambahkan dengan bahan pelengkap yang rasanya manis-manis.

Pas banget buat kamu yang suka manis, terutama anak-anak mencicipi kuliner satu ini. Ada banyak penjual yang menawarkan tajin sobih, terutama di daerah Jl. RE, Martadinata 24, Bangkalan.

Kaldu Kokot

Buat orang yang bukan asli Madura Bangkalan, makanan satu ini pasti masih asing di telinga kamu kan? Padahal kaldu kokot merupakan makanan khas Bangkalan yang sangat terkenal. Yang menjadi bahan utamanya yaitu memakai kaki sapi yang memberikan rasa gurih.

Uniknya dari makanan ini juga adalah ada rasa manis yang karena diberi tambahan kacang hijau. Selain itu, masih ada tambahan bumbu petis serta kacang ulek yang meningkatkan cita rasanya yang semakin lezat.

Kamu yang sedang liburan ke Bangkalan, jangan lupa cicipi makanan khas Madura asli Bangkalan. Kurang lengkap pokoknya kalau kamu melewatkan sajian makanannya yang unik dan lezat seperti di atas.