data center indonesia market

Keunggulan Sewa Jasa Data Center Indonesia

Others

Data center Indonesia saat ini sudah berstandardisasi, sehingga terpercaya dalam memberikan layanan pengelolaan data. Pusat data di Indonesia ini juga sudah tersedia di berbagai wilayah. Dengan penyewaan pusat data lokal atau dalam negeri, tentu banyak keunggulan yang diperoleh. Idealnya, inilah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika punya data center di Indonesia.

  1. Mengurangi Latensi

Mengingat sudah berkembangnya teknologi yang menjadi basis sistem di seluruh aspek kehidupan, alangkah baiknya melakukan pengaksesan data secara digital. Berkaitan dengan hal tersebut, banyak pihak menyarankan untuk menyewa layanan data center di Indonesia. Salah satu alasannya adalah agar latensi berkurang karena jarak antara server dan tempat akses yang dekat.

Jarak yang semakin dekat antara server dalam data center dan akses klien atau pengguna tentu akan mengurangi latensi atau keterlambatan akses. Pengaksesan data yang real time dapat terwujud jika latensi data tersebut berkurang. Berkurangnya latensi itu berarti menjamin kelancaran perolehan data karena aksesnya lancar.

  1. Efisiensi Waktu dan Biaya

Salah satu keuntungan mengapa banyak yang merekomendasikan menyewa jasa pusat data di Indonesia adalah adanya efisiensi waktu serta biaya. Ketepatan guna dalam hal waktu bisa direalisasikan ketika mengakses data di pusat data yang jaraknya lebih dekat. Efisiensi waktu tersebut terjadi karena berkurangnya latensi dan gangguan sistem yang lain.

Dengan penghematan waktu tersebut, Anda dapat mengakses data seoptimal mungkin dengan waktu yang tersedia. Karenanya, kinerja dapat terselesaikan tepat waktu, bahkan melampaui target. Mendukung adanya efisiensi waktu, akses data melalui pusat data di Indonesia juga mempunyai efisiensi biaya. Dengan penghematan waktu, maka biaya akses akan berkurang seperti biaya kuota.

  1. Regulasi Lebih Mudah

Regulasi atau peraturan memang sudah seharusnya ada dalam suatu layanan jasa apapun itu. Peraturan dari pihak internal perusahaan jasa ini harus disetujui oleh pihak konsumen. Mengenai peraturan tersebut, umumnya data center Indonesia mempunyai peraturan lebih mudah dibandingkan pihak jasa pusat data di luar negeri.

Mudahnya regulasi penyewaan pusat data di Indonesia tersebut dikarenakan akses data di satu negara lebih mudah. Kemudahan tersebut menjadi suatu keuntungan yang melancarkan akses data. Kemudahan perolehan layanan juga diatur lebih mudah oleh pusat data Indonesia. Berbeda dengan layanan di luar negeri karena terkait dengan regulasi lebih ketat dan harga yang lebih mahal.

Regulasi yang lebih mudah tersebut juga didukung dengan layanan pusat data yang fleksibel di Indonesia. Anda dapat bernegosiasi lebih mudah dalam memilih layanan di data center. Meskipun demikian, Anda harus memilih pihak jasa yang kredibe demi kelancaran akses data dan sistem informasi yang diperlukan.

  1. Keamanan Terjamin

Jaminan dalam layanan jasa sangat penting untuk konsumen. pihak pusat data di Indonesia sudah menjamin keamanan data klien dengan baik. Sistem pengaman yang diterapkan berupa sistem dan fisik. Pengaman dalam sistem tersebut menggunakan enkripsi, sehingga data aman dari akses pihak luar yang tidak bertanggung jawab.

Pengamanan secara fisik juga diterapkan dari penataan server yang sesuai prosedur serta penguncian ruangan server. Pemeliharaan secara fisik dan sistem juga dilakukan demi menjaga performa mesin agar data bisa tetap aman dan tidak hilang karena gangguan atau kerusakan sistem.

Itulah beberapa hal yang dapat diperoleh ketika menyewa layanan pusat data di Indonesia. Pengelolaan data beserta pemeliharaannya secara berkala sudah bisa dipastikan berjalan baik. Data center Indonesia juga sudah banyak yang berstandardisasi untuk menjamin keamanan dan keutuhan data, termasuk Lintasarta. Spesifikasi layanannya juga beragam dan selalu tersedia.