Kenali Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit dan Cara Mengatasinya

Kesehatan

Perut sebelah kanan sakit adalah gejala yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Perut merupakan organ berongga yang di dalamnya memiliki bermacam-macam organ. Terdapat perbedaan penyebab sakit perut kanan bawah dan bagian lainnya. Berikut penyebab sakit perut sebelah kanan dan cara mengatasinya.

Usus Buntu atau Apendisitis

Jika Anda merasa sakit pada perut sebelah kanan bawah merupakan pertanda usus buntu atau apendisitis. Sakit perut sebelah kanan bawah biasanya disebabkan oleh peradangan usus buntu. Gejala penyakit ini umumnya disertai dengan kehilangan nafsu makan, mual hingga muntah, dan demam.

Infeksi Saluran Kencing

Penyebab perut sebelah kanan Anda sakit yang sering ditemui adalah infeksi saluran kencing. Jika Anda perempuan bisa juga karena adaanya radang saluran  indung telur. Gejala infeksi saluran kencing dan usus buntu sangat berbeda.

Gejala yang muncul adalah intensitas kencing yang meningkat, Anda merasa nyeri dan perih ketika kencing, demam tinggi hingga muntah. Namun, untuk memastikan penyakit ini Anda perlu untuk memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter.

Sembelit

Sembelit juga merupakan penyebab perut sebelah kanan sakit. Saat sembelit, Anda akan mengalami kesulitan dalam buang air besar atau bisa jadi karena Anda tidak teratur buang air besar. Cara mengatsinya adalah dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran. Pastikan juga Anda meminum air putih yang cukup.

Batu Ginjal

Selain sembelit sakit perut pada bagian sebelah kanan bisa juga disebabkan karena penyakit batu ginjal. Rasa sakit yang Anda rasakan biasanya terjadi di bagian perut sebelah kanan hingga area paha. Batu ginjal juga akan membuat Anda merasa mual, perut kram, hingga muntah. Segera periksakan ke dokter apabila Anda cukup sering merasa sakit perut pada bagian kanan.

Infeksi Ginjal

Penyebab infeksi ginjal adalah bakteri yang berasal dari kandung kemih, ureter, atau uretra Anda. Gejala infeksi ginjal lainnya seperti demam, badan panas dingin, mual hingga muntah, intensitas buang air kecil meningkat, merasa nyeri atau terbakar saat Anda buang air kecil, hingga buang air kecil disertai dengan nanah atau darah.

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kanan

Pengobatan sakit perut pada bagian sebelah kanan bisa Anda lakukan di rumah melalui konsumsi makanan, pengobatan alami, dan perawatan di rumah. Namun, jika Anda belum yakin dengan pengobatan dari rumah Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pengobatan di rumah.

Cara sederhana untuk pengobatan adalah dengan makan dengan porsi yang lebih sedikit, kurangi konsumsi baking soda, melakukan diet makan pisang, nasi, saus apel, hingga roti panggang dalam kurun waktu satu hingga dua hari untuk meringankan gejala, dan jangan merokok maupun minum alkohol.

Demikian tadi penyebab perut sebelah kanan sakit dan cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan di rumah. Kenali penyebabnya dan pastikan Anda mengatasinya dengan cara yang tepat. Informasi kesehatan lainnya bisa Anda dapatkan dengan  mengunjungi situs www.orami.co.id.