Kelebihan dan Kekurangan Dalam Investasi Fintek

Kelebihan dan Kekurangan Dalam Investasi Fintek

Others

Pendanaan fintek dapat disebut juga dengan investasi p2p yang memberikan modal pinjaman kepada pelaku usaha yang akan membuka usaha atau tengah mengembangkan usahanya. Pendanaan tersebut dapat dilakukan secara online melalui sebuah platform yang mempertemukan pemberi modal dengan peminjam modal. Melakukan pendanaan fintek menjadi salah satu cara mengatur keuangan sekaligus menjadi sumber pemasukan yang memberikan keuntungan besar bagi para investor. Sehingga tidak mengherankan jika saat ini banyak kaum milenial yang melek akan untungnya melakukan kegiatan investasi.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam melakukan kegiatan investasi fintek. Kelebihan yang bisa diperoleh dari kegiatan pendanaan fintek adalah bisnis investasi yang diawasi oleh pihak OJK. OJK merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan yang merupakan badan pengawas keuangan milik pemerintah. Saat ini bisnis fintech sudah banyak diawasi oleh OJK, sehingga anda tidak perlu merasa khawatir akan penipuan jika akan melakukan investasi. Pengawasan yang diberikan oleh OJK menjadi salah satu bukti terpercaya bahwa perusahaan keuangan yang akan digunakan untuk melakukan investasi merupakan perusahaan yang aman dan terpercaya.

Keuntungan yang besar juga akan diperoleh dari investasi yang dilakukan. Bagi para investor yang melakukan investasi dalam fintek, ada umumnya akan memperoleh keuntungan besar karena memberikan bunga yang cukup besar pada setiap pendanaan yang diberikan. Meskipun bunga yang diberikan cukup besar, hal tersebut tidak akan menyusahkan para peminjam lantaran peminjam dana yang bergabung dalam platform online pendanaan merupakan peminjam yang berkualitas. Seperti pada platform online Amartha.com.

Amartha.com merupakan platform online yang mempertemukan pemberi modal dengan peminjam modal yang tidak hanya memberikan keuntungan peminjaman dana bagi para peminjam saja tetapi juga memberikan keuntungan bagi para investor yang memberikan dana dengan cara menyediakan peminjam yang berkualitas. Untuk bisa bergabung dalam platform Amartha, peminjam harus melalui proses seleksi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa usaha yang tengah dikembangkan dapat memberikan keuntungan bagi investor.

Selain keuntungan besar yang diperoleh serta kepercayaan dari masyarakat karena diawasi langsung oleh pihak OJK, keuntungan lain dari pendanaan fintek adalah modal investasi yang sedikit. Pada Amartha.com, investor tidak harus menawarkan modal dalam jumlah yang besar. Pada Amartha, banyak juga investor yang menawarkan modal dalam jumlah tertentu untuk memulai bisnis yang kecil dengan bunga yang tidak terlalu besar sehingga tidak akan membuat susah para peminjam untuk membayar asuran pinjamannya.

Selain itu juga, pada Amartha.com para pemberi modal dapat memilih peminjam yang membutuhkan modal bagi usahanya. Melalui pendanaan fintek dengan jumlah yang tidak terlalu besar, secara tidak langsung dapat membantu mengembangkan usaha kecil menengah yang dapat memberikan keuntungan secara berkala.

Kegiatan pendanaan pada fintek memang dapat menjadi sumber pemasukan sekaligus menjadi salah satu investasi ekonomi inklusif yang dapat memberikan keuntungan secara berkala maupun keuntungan besar dalam waktu tertentu. Namun dalam pendanaan fintek yang memberikan banyak kelebihan juga akan memiliki beberapa kekurangan yang harus siap ditanggung oleh investor. Kekurangan tersebut dapat berupa penipuan investasi.

Penipuan pendanaan investasi pada fintek dapat terjadi jika para investor tidak teliti dengan perusahaan keuangan atau platform online tempat anda bergabung untuk menyalurkan dana modal. Meskipun banyak perusahaan keuangan atau platform yang mengaku diawasi dan mendapat izin dari OJK, namun sebagai investor harus tetap teliti dalam bergabung pada platform pendanaan online atau perusahaan keuangan.