servis ac mobil

Jenis Servis AC Mobil yang Harus Dilakukan Secara Rutin

Others

Servis AC mobil menjadi sebuah rutinitas yang harus dilakukan demi menjaga kondisi AC di dalam mobil tetap berjalan dengan baik. Kondisinya harus tetap baik untuk mendukung fungsinya sebagai alat pendingin. Apalagi untuk pengguna mobil yang tinggal di perkotaan dengan hawa panas dan polusi tinggi. AC sangatlah diperlukan keberadaannya.

Meskipun terdengar sepele, AC mobil yang tidak pernah diservis akan membutuhkan biaya yang lebih ketika rusak. Hal ini tidak lain karena banyak komponennya yang harus diganti. Ternyata servis mobil sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan dari tipe komponen dan jangka waktunya. Lalu apa saja jenis servis AC mobil tersebut? Untuk mengetahui lebih jelas, simak ulasan di bawah ini.

  1. Jangka Waktu

Jenis servis AC mobil di Bengkel AC Mobil berdasarkan jangka waktunya dibedakan menjadi 2. Yakni basic service dan advance service.

Basic service sendiri biasa dilakukan ketika mobil sudah berhasil menempuh jarak sejauh 10000 km sampai dengan 20000 km. Biasanya hal ini terjadi setiap 1 tahun.

Jarak waktu tempuh tersebut berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Bergantung pada kondisi lingkungan daerah terkait. Apakah memiliki suhu yang terlalu panas atau polusi yang tinggi dan masih banyak indikator lainnya.

Pada jenis servis ini, petugas bengkel AC mobil biasanya akan melakukan pemeriksaan dan perawatan lanjutan untuk kompresor yang ada. Juga melakukan penggantian pada receiver dryer dan filter kabin yang ada.

Selanjutnya adalah advance service. Servis yang satu ini biasanya akan dilakukan setiap 2 tahun sekali.

Mengingat banyak hal yang harus diganti dan diperbaiki serta membutuhkan banyak tenaga ahli dan alat yang lengkap, tidak semua bengkel AC mobil dapat menangani servis ini.

Beberapa perawatan yang diperlukan dalam servis ini salah satunya adalah perawatan pada kompresor, kondensor, dan evaporator. Juga mengganti filter kabin, receiver dryer, dan ekspansi valve.

  1. Tipe Perawatan Komponen

Jika komponen dari AC mobil tersebut perlu adanya perbaikan atau diganti, Anda bisa melakukannya meskipun belum menempuh jarak 20000 sekalipun. Karena banyak juga bengkel yang membuka jasa servis perkomponennya.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk merawat komponen dalam AC mobil adalah penggantian oli. Kualitas oli yang sudah jelek bisa dipastikan tidak dapat melumasi piston yang ada.

Sebagai akibatnya, piston akan menjadi panas yang berujung tidak maksimalnya kerja kompresor yang ada. Ketika kompresor tidak bekerja secara maksimal, AC juga tidak akan mengeluarkan udara sejuknya.

Selanjutnya adalah dengan mengganti magnetic clutch. Sudah banyak orang yang mengeluhkan AC yang terkadang dingin juga terkadang panas. Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan pada magnetic clucth.

Tapi komponen ini tidak bisa diperbaiki dan hanya memiliki masa penggunaan satu kali saja. Sehingga jika terdapat kerusakan, magnetic clutch haruslah diganti dengan yang baru.

Untuk perawatan pada kondensor tergolong perawatan yang sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan jika Kita melakukannya di rumah. Karena hanya perlu menyemprotnya dengan air bersih untuk menghilangkan debu yang menempel.

Tapi jika terdapat kebocoran pada salah satu bagiannya, kondensor haruslah diganti dengan yang baru.

Untuk receiver dryer dan ekspansi valve yang mengalami kerusakan ataupun sekadar dugaan adanya kerusakan, sebaiknya langsung diganti dengan yang baru agar kinerjanya tetap berjalan dengan baik dan maksimal.

Perawatan pada AC mobil ini haruslah dilakukan secara rutin agar kondisinya tetap baik. Selain itu, jika ada kemungkinan kerusakan atau perlunya perawatan, Kita bisa melakukannya sejak dini. Jadi mesin AC yang ada keadaannya bisa awet juga baik.