Jenis-Jenis Industri Kreatif yang Berkembang di Indonesia

Jenis-Jenis Industri Kreatif yang Berkembang di Indonesia

Others

Jiwa-jiwa kreatif dan penuh potensi pada dasarnya merupakan kekayaan sumber daya manusia yang tidak ternilai. Mengapa demikian? Hal tersebut pada dasarnya akan berkembang menjadi industri kreatif. Industri di bidang ini memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi lho.

Di Indonesia, industri ini dikenal juga sebagai ekonomi kreatif atau industri budaya. Industri yang berkembang di era digital ini tercipta dari pemanfaatan kreativitas individu atau kelompok sehingga menciptakan suatu karya. Lalu apa saja jenis-jenis industri kreatif yang berkembang saat ini?

Sektor Industri Kreatif di Indonesia

Industri di bidang ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian suatu negara. Bahkan peran industri yang mengandalkan ide ini bisa meningkatkan ekonomi secara global. Industri kreatif di Indonesia sendiri terdiri terdiri dari beberapa sektor, apa sajakah itu?

1. Sektor Pasar Barang Seni

Sektor barang seni tergolong industri di bidang kreatif selanjutnya. Sektor ini mencakup aktivitas perdagangan barang-barang antik dan memiliki nilai seni yang tinggi. Biasanya proses pemasarannya dilakukan melalui lelang, membuka galeri, dan memanfaatkan internet.

Sektor di bidang ini masih memberikan peluang yang menjanjikan hingga kini. Hal yang termasuk ke dalam sektor pasar barang seni adalah berbagai macam alat musik, kerajinan, seni rupa, film, lukisan, dan automobile.

2. Sektor Kerajinan

Sektor kerajinan merupakan jenis industri di bidang kreatif yang meliputi proses kreasi seni kerajinan yang bernilai ekonomi. Hal ini juga termasuk proses distribusi dari kerajinan yang dihasilkan.

Sektor ini dibuat oleh tenaga kerja yang memiliki kemampuan kreasi. Mulai dari desain sampai proses finishing. Sektor kerajinan banyak memanfaatkan serat alam, kayu, kulit, rotan, bambu, dan lain-lain. Nantinya, bahan-bahan tersebut akan dibuat menjadi seni kerajinan yang bernilai ekonomi.

3. Sektor Arsitektur

Sektor arsitektur termasuk bidang kreatif yang berhubungan dengan perencanaan konstruksi, desain, pengawasan, dan konservasi struktur bangunan. Sektor ini mencakup semua aspek arsitektur yang berkembang saat ini.

Sektor arsitektur memiliki dua level di bidang industri, yaitu level makro dan level makro. Level makro meliputi konstruksi bangunan secara menyeluruh, misalnya tahap planning, urban design, dan arsitektur lanskap.

Sedangkan level mikro yaitu melakukan konstruksi bangunan dalam lingkup yang lebih kecil, misalnya desain interior dan detail arsitektur taman.

4. Sektor Periklanan

Sektor periklanan termasuk industri di bidang kreatif yang berhubungan dengan aktivitas periklanan. Industri ini berkaitan dengan proses produksi dan distribusi kebutuhan iklan. Sebelumnya, akan dilakukan riset pasar dan perencanaan pengembangan iklan tersebut.

Aktivitas yang termasuk sektor periklanan misalnya membuat iklan outdoor, produksi material iklan, dan proses promosi iklan tersebut. Promosi dan distribusi iklan biasanya menggunakan media cetak dan media elektronik.

5. Sektor Design

Sektor desain merupakan jenis industri bidang kreatif yang berhubungan dengan desain grafis, desain produk, dan desain interior. Penerapannya mulai dari konsultasi identitas perusahaan, riset pemasaran, produksi kemasan, dan jasa packing.

6. Sektor Fashion

Sektor ini berkaitan dengan proses pembuatan produk pakaian, aksesoris pakaian, jasa konsultasi fashion, sampai proses distribusi fashion. Sektor industri di bidang fashion ini termasuk yang banyak berkembang di berbagai negara. Mengingat tren fashion yang berbeda-beda di setiap zaman.

7. Sektor Film, Video, dan Fotografi

Industri ini mencakup produksi suatu film, video, dan jasa fotografi. Contoh industri kreatif yang termasuk sektor ini mulai dari perekaman video komersial, pembuatan sebuah film, dan proses memasarkan produk yang diciptakan.

8. Sektor Kuliner

Sektor kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Siapa sangka, sektor ini ternyata tergolong industri di bidang kreatif. Industri ini sudah memiliki pasar tersendiri, baik di dalam maupun luar negeri.

Aktivitas sektor kuliner meliputi pembuatan kuliner tradisional dan proses pemasaran produk khas tersebut. Sektor kuliner di Indonesia sendiri sudah memiliki target pasar yang luas. Bahkan sudah bisa bersaing dengan pasar ritel modern yang berkembang saat ini.

Sektor kuliner menjadi salah satu industri di bidang kreatif yang menjanjikan banyak keuntungan saat ini. Hal ini karena nilai ekonomis yang dihasilkan cukup besar.

Sektor Industri Bidang Kreatif Berbasis Teknologi

Industri di bidang kreatif tidak hanya mengandalkan ide kreatif yang direalisasikan secara manual. Seiring perkembangan era digital, jenis-jenis industri kreatif juga mencakup teknologi yang berkembang. Apa saja industri bidang kreatif berbasis teknologi di Indonesia saat ini?

1. Sektor Industri Software

Sektor ini termasuk yang sangat berkembang pesat saat ini. Beberapa aktivitas yang tergolong industri perangkat lunak misalnya jasa layanan komputer, pembuatan website, UI/UX design, digital marketing, desain sistem atau portal, dan lain sebagainya.

2. Sektor Industri Games

Sektor industri games atau permainan ini meliputi ide kreasi/konsep hingga proses produksi di dalamnya. Tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, sektor permainan ini kerap kali memberikan edukasi khususnya pada permainan anak-anak.

3. Sektor Industri Musik

Sektor industri musik berhubungan dengan aktivitas kreasi musik, komposisi sebuah lagu, dan produksi atau pada saat rekaman. Bahkan saat ini sudah banyak software yang memungkinkan seseorang mengolah musik di perangkat desktop dan mobile.

Munculnya teknologi tersebut tentu akan mendukung industri di bidang kreatif, khususnya musik di Indonesia.

4. Sektor Industri Pertelevisian

Sektor industri di bidang kreatif ini meliputi proses kreasi, produksi, hingga pengemasan acara TV siap tayang. Segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan pertelevisian masuk ke dalam golongan industri ini.

Berbagai industri kreatif yang berkembang di tanah air memang memberikan dampak positif yang luar biasa. Tidak hanya untuk kemajuan ekonomi, namun juga menjadikan masyarakat berlomba menjadi insan yang kreatif dan inovatif. Tentu saja hal tersebut sangat dibutuhkan di era digital saat ini.