Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Pakai Aplikasi Pinjam Online

Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Pakai Aplikasi Pinjam Online

Others

Nggak bisa ditawar lagi, jaminan keamanan dan faktor suku bunga adalah hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai ketika kamu mau pakai aplikasi pinjam online. Sebab, aplikasi ini akan meminta kamu untuk mengunggah data-data pribadi sebagai syarat atau proses pengajuan pinjaman.

Meski mudah, cepat, dan tanpa survey, realitanya proses pinjam online melalui aplikasi fintech justru masih berisiko apabila tidak memiliki teknologi yang mumpuni dan jaminan keamanan privasi dari perusahaan yang bersangkutan. Beberapa di antaranya adalah risiko terjadinya kebocoran data, rentan terjadi peretasan akun, hingga perjanjian pinjaman yang tidak transparan serta merugikan nasabah.

Nah, supaya risiko ini bisa diminimalisir, paling tidak, sebelum menggunakan aplikasi pinjam online, kamu bisa waspada dan memperhatikan 3 poin keamanan ini.

Transparansi Suku Bunga & Perjanjian Pinjaman

Kredibilitas sebuah fintech bisa dilihat dari transparansinya dalam memberikan informasi perihal suku bunga dan perjanjian pinjaman kepada nasabah sebelum pinjaman cair atau disetujui. Suku bunga juga termasuk yang paling krusial dalam pinjaman karena berpengaruh pada besar kecilnya angsuran yang harus dibayar nasabah per bulannya. Begitu pun dengan perjanjian pinjaman yang bisa menjadi bukti sah bagi kedua belah pihak, baik debitur ataupun kreditur untuk sama-sama memenuhi hal yang sudah disepakati.

Jika fintech yang mau kamu gunakan tidak punya informasi suku bunga yang transparan, maka sebaiknya, cari alternatif fintech lainnya. Contohnya Kredivo yang menerapkan suku bunga pinjaman ataupun cicilan hanya 2,95% per bulan dengan pilihan tenor pengembalian mulai dari 30 hari, 3, 6, atau 12 bulan. Selain mencantumkan suku bunga pada aplikasi dan situsnya secara transparan, Kredivo juga akan memberikan simulasi cicilan di awal sebelum kamu menyetujuinya.

Jaminan Enkripsi Data & Penggunaan OTP

Enkripsi adalah sebuah sistem khusus yang dibuat dan diterapkan dengan tujuan mengamankan data yang ada pada situs atau aplikasi supaya tidak dapat terbaca oleh pihak lain yang tidak berkepentingan. Bentuk dari enkripsi data ini berupa sertifikat SSL dan juga HTTPS. Salah satu fintech atau aplikasi pinjam online yang telah menerapkan teknologi ini adalah Kredivo. Kredivo telah menerapkan jenis enkripsi 256 bit atau setara dengan yang digunakan perbankan dalam melindungi data nasabahnya. Jadi, bisa dipastikan, apabila menggunakan Kredivo, keamanan data-datamu sangat terjamin.

Selain enkripsi data, fitur OTP juga bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika kamu menggunakan jasa aplikasi pinjam online. Dalam transaksi digital, fitur OTP berfungsi untuk memverifikasi dan menjaga keamanan transaksi yang kamu lakukan. Sayangnya, saat ini, belum semua fintech atau e-commerce menggunakan sistem keamanan OTP dalam transaksinya. Kredivo adalah salah satu fintech yang sudah menggunakan OTP dalam transaksinya: baik untuk cicilan barang atau pinjaman tunai.

Jika kamu sudah terdaftar sebagai akun Premium dan punya sejumlah limit di Kredivo, kamu bisa langsung menggunakan limit tersebut untuk cicilan barang di merchant online ataupun mencairkan limit lewat fitur pinjaman tunai yang tersedia di menu Dasbor.

Untuk cicilan barang bisa dilakukan di 250 lebih merchant online yang sudah bermitra dengan Kredivo seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.id, dan Shopee. Syarat untuk cicilan, minimal pembelanjaan kamu harus berjumlah Rp 1 juta. Kredivo menyediakan tiga opsi tenor untuk cicilan barang: 3, 6, dan 12 bulan, dengan suku bunga 2,95% per bulannya, tanpa uang muka.

Sementara untuk pinjam uang tunai, ada dua jenis pinjaman yang tersedia: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Untuk pinjaman mini, minimal pinjaman yang bisa kamu ajukan adalah 500 ribu dengan tenor pengembalian maksimal 30 hari, sedangkan untuk pinjaman jumbo, minimal pinjaman yang bisa kamu ajukan adalah Rp 1 juta dengan opsi tenor pengembalian 3 atau 6 bulan. Suku bunga untuk pinjaman hanya 2,95% saja per bulan.

Ketika mengajukan proses cicilan ataupun pengajuan pinjaman tunai, kamu juga akan diminta login dan memasukkan nomor OTP yang dikirim ke nomor hp yang terdaftar di akun Kredivo-mu.

Jaminan Privasi untuk Tidak Menyebarkan Data Pribadi atau Menjualnya ke Pihak Ketiga

Dari kasus yang sudah-sudah, sebagian besar fintech yang ada saat ini tidak memiliki jaminan privasi yang baik atau bahkan menggunakan data-data nasabah untuk disebarkan demi alasan penagihan. Supaya tidak mengalami hal ini, ada baiknya kamu mengecek dan dan membaca bagian kebijakan privasi, keamanan, dan semua informasi yang berkaitan dengan cara fintech tersebut dalam mengelola data nasabahnya sebelum daftar atau apply pinjaman. Sebagai fintech, Kredivo sendiri sudah menyatakan secara jelas dalam kebijakan privasinya bahwa Kredivo tidak akan menyebarkan data pribadi atau menjual data nasabah ke pihak ketiga.

Buat kamu yang tertarik, daftar Kredivo gampang banget! Syaratnya:

  1. Kamu wajib berusia minimal 18 tahun.
  2. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Dan berdomisili di Jabodetabek, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi

Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, daftar sekarang, dan raih kesempatan untuk mendapat limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta! Selamat mencoba, ya.