Ini Nih Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin B

Ini Nih Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin B

Kesehatan

Perlu kamu ketahui bahwasannya Vitamin B kompleks ini sangat penting buat tubuh secara keseluruhan. Ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis vitamin yang ada 8 Jenis ini yaitu Vitamin B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), B5 (Asam Pantotenat), B6 (Piridoksin), B7 (Biotin), B9 (Asam Folat), dan B12 (Kobalamin). Dari ke-8 jenis vitamin, ternyata setiap vitamin ini memiliki manfaat masing-masing dan berbeda satu sama lainnya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat dari masing-masing Vitamin B yang kompleks ini beserta dengan tanda-tanda bahwa kamu kekurangan konsumsi vitamin yang satu ini, diantaranya sebagai berikut :

  1. Vitamin B1

Manfaat dari Vitamin B1atau Tiamin ini adalah dapat menjaga tubuh kamu agar tampak sehat, mampu meningkatkan nafsu makan dari anak agar lebih baik, dan menjaga kondisi air yang ada di dalam tubuh kamu yang sudah dikonsumsi. Selain itu, Vitamin B1 ini sama fungsinya dengan karbohidrat yaitu bisa membuat tubuh penuh dengan energi. Tiamin ini bisa membuat kamu mengurangi sedikit rasa stress dan mengurangi kesemutan pada beberapa saraf, selain itu bisa mencegah adanya resiko terkena katarak mata. Tanda-tanda yang dapat kamu rasakan jika kurang mengkonsumsi Vitamin B1 adalah kamu bisa terkena penyakit yang namanya beri-beri dan kamu bisa mengalami kelupaan pada suatu hal serta susah tidur.

  1. Vitamin B2

Vitamin B2 memeiliki manfaat untuk memperbaiki saraf-saraf tubuh yang rusak dan mampu menjaga serta memperbaiki kulit tubuh yang rusak. Vitamin ini juga sama seperti Vitamin B1 yang mampu untuk membuat energi tubuh sama halnya kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Jika kamu kekurangan B2, maka ada tanda-tandanya sebagai berikut bibir kamu terasa pecah-pecah, kulit kamu mengusam dan kering, dan kamu akan menjadi seseorang yang sensitif dengan cahaya matahari ataupun lampu.

  1. Vitamin B3

Vitamin B3 atau Niasin ini memiliki manfaat yang begitu luar biasa untuk tubuh diantaranya adalah menetralisirkan racun tubuh yang terendap, mampu juga meningkatkan nafsu untuk makan, memperlancar segala kinerja dari sistem pencernaan, dan memperbaiki sistem saraf yang rusak. Gejala yang bisa kamu rasakan, saat kekurangan vitamin ini adalah sering sariawan, suka sembelit atau sakit perut, muntah-muntah, dan bahkan kamu bisa terkena depresi panjang.

  1. Vitamin B5

Vitamin yang juga bernama Asam Pantotenat ini memiliki manfaat dalam melepaskan energi yang dihasilkan oleh karbohidrat dan protein, serta juga mampu melepaskan hormon yang adrenal. Selain itu, Vitamin B5 ini baik untuk anak dan menjaga imunitas tubuh dan bisa membentuknya menjadi lebih baik. Gejala jika kamu kekurangan Asam Pantotenat ini mudah sekali terbawa emosi dan cepat lelah.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 ini memiliki manfaat bagi tubuh untuk memberi kestabilan kadar darah sebelum berpuasa dan memperbaiki segala hal yang berkaitan dengan reproduksi sel darah merah tubuh. Dengan, Vitamin B6 ini bisa memberikan resistensi pada penyakit. Gejala yang dapat dirasakan jika kamu kekurangan vitamin ini adalah sering merasa kesemutan dan mengalami nyeri pada tangan atau kaki.

  1. Vitamin B7

Vitamin B7 ini memberikan manfaat sebagai salah satu koensim dalam proses sintesis lemak, membantu  membentuk sebuah gilkogen, dan memberikan metabolisme terhadap karbohidrat yang diserap. Selain itu, vitamin ini bisa memetabolisme asam amino yang ada dalam tubuh. Kekurangan Vitamin B7 ada tanda-tanda diantaranya sering terasa capek, mata yang kering, dan kulit kusam.

  1. Vitamin B9

Vitamin B9 atau Asam Folat ini memberikan manfaat bagi ibu hamil dalam mengandung, hal ini dikaitkan karena vitamin ini bisa membuat janin dalam kandungannya kondisinya baik-baik saja. Selain itu, vitamin B9 ini bisa meningkatkan daya ingat agar semakin kuat. Gejala kekurangan vitamin ini adalah sering mengalami sesak nafas dan rambut beruban.

  1. Vitamin B12

Vitamin terakhir ini memiliki manfaat untuk sistem saraf tubuh dan sumsum tulang yang ada. Gejala dari kekurangan vitamin ini adalah bisa menyebabkan kemandulan dan adanya gangguan penglihatan yang semakin parah.