Efektivitas Iklan TV Dan Radio

Efektivitas Iklan TV Dan Radio

Others

Apakah anda seorang pengusaha pemula? Apakah anda sudah siap memilih media periklanan yang paling tepat untuk mempromosikan bisnis anda? Ada hal yang harus anda ketahui untuk mencapai target penjualan yang anda harapkan, teori tersebut disebutkan oleh E. Jerome Mc Carthy. Teori yang dimaksud adalah 4P, yaitu price, product, place and promotion. Kegiatan promosi yang disebutkan oleh Mc Carthy terdiri dari banyak strategi dan salah satunya adalah Integrated Marketing Communication (IMC) atau mudahnya adalah komunikasi pemasaran. Banyak brand-brand besar yang menggunakan strategi ini untuk mengenalkan produknya, sebut saja McDonald’s dan United Airlines.

IMC sendiri bisa anda gunakan untuk memasarkan produk anda melalui internet, radio ataupun televisi. Namun sebelum membahas hal tersebut, anda harus mengetahui komunikasi pemasaran terlebih dahulu. Iklan merupakan salah satu kegiatan marketing yang sudah tidak asing lagi untuk setiap pengusaha. Iklan sendiri bertujuan untuk memberikan informasi melalui media massa, entah secara online maupun offline kepada masyarakat. Media massa yang bisa digunakan adalah televisi, radio, internet dan juga billboard. Apabila menggunakan iklan, tentunya mengharapkan adanya peningkatan penjualan, keuntungan yang semakin banyak dan juga bottom line yang lebih sehat. Dimanapun anda memasang iklan anda, entah di televisi atau radio, anda harus mempertanyakan 3 hal berikut, dimana target pasar anda, media apa yang paling baik untuk menjangkau mereka dan apakah anda mampu melakukan kampanye yang efektif dengan media iklan tersebut.

Memilih media yang tepat adalah langkah penting ketika anda ingin mengembangkan usaha anda. anda harus memikirkan media massa mana yang paling tepat. Coba pikirkan, apakah anda ingin memasang iklan anda pada pagi hari, siang hari, sore hari atau malam hari? Siapakah target pasar anda. Apakah ibu rumah tangga, pekerja kantoran, mahasiswa, anak-anak atau lainnya? Misalnya saja target pasar anda adalah karyawan kantor, bila anda memilih untuk memasang iklan di televisi maka waktu yang tepat adalah memasangnya pada waktu-waktu saat para karyawan kantor sudah berada di rumah, yaitu pagi dan malam hari ketika mereka berada di rumah. Kalau anda memasang pada siang dan sore hari, kemungkinan besar mereka tidak akan menontonnya karena berada di kantor atau sedang dalam perjalanan pulang. Kalau anda memilih untuk memasang iklan di radio dengan target pasar yang sama, waktu pemasangan iklannya tidak sama. Karena karyawan (yang menggunakan mobil) pasti akan mendengarkan radio saat perjalanan ke kantor dan kembali ke rumah. Sehingga waktu yang tepat untuk memasang iklan adalah pada pagi hari dan sore hari.

Media massa apa yang anda inginkan untuk memasang iklan produk milik anda, anda harus memikirkannya dengan matang, manakah yang paling efektif. Setidaknya sebelum anda memutuskan apakah ingin memasang di radio atau televisi, anda harus mengetahui kelebihannya masing-masing.

  • Radio
  • Media ini dapat dinikmati dimana saja, tidak hanya di rumah saja. Di kantor, mobil atau ketika berada di kendaraan umum, setiap orang bisa menikmati radio. Apalagi akses nya sudah sangat mudah karena sekarang sudah bisa mendengarkan radio melalui smartphone.
  • Format acara radio sangat luas sehingga menawarkan efisiensi dana untuk memasang iklan untuk segmen yang anda inginkan.
  • Anda bisa mendapatkan kepribadian bisnis dengan promosi atau iklan yang hanya menggunakan suara untuk mengenalkan produk anda.
  • Anda bisa meminta stasiun radio untuk membuatkan iklan produk anda sekreatif mungkin dengan harga yang jauh lebih murah daripada iklan di televisi.
  • Tarif iklan untuk setiap stasiun radio berbeda-beda, namun secara garis besar masih terbilang murah.
  • Televisi
  • Dapat menjangkau banyak orang pada level nasional dalam waktu yang cukup singkat.
  • Stasiun televisi yang independen dan juga tv kabel menawarkan peluang baru dalam menentukan penonton lokal.
  • Iklan di televisi tidak berupa suara saja, namun ada gambar/ videonya juga sehingga lebih menarik dan dapat menyampaikan pesan yang anda inginkan dengan lebih tepat.
  • Bisa memasang iklan dengan durasi panjang namun tetap tidak membosankan karena tidak hanya berupa suara saja.
  • Dapat menggaet artis-artis terkenal untuk membantu memasarkan produk.