Cara Praktis Mengajukan Pembuatan CV

Cara Praktis Mengajukan Pembuatan CV

Others

Sebagian orang yang memang ingin menjadi seorang entreprenuer ini harus memikirkan bagaimana cara untuk kehidupannya menjadi entreprenuer. Salah satu alternatif untuk para entreprenuer ini adalah mendirikan perusahaan. Alternatif ini sangatlah cocok, tetapi dalam mendirikan perusahaan ini memanglah tidak mudah. Salah satu hal yang cocok bagi para entreprenuer ini mendirikan perusahaan berbentuk CV! Sebenarnya, bagi kamu yang belum paham mengenai CV ini akan mendapatkan penjelasan pada kesempatan kali ini. Apa itu CV? CV atau Comanditte Venootschap ini memiliki arti di dalam Indonesia yaitu perusahaan komanditer. Kenapa kamu harus memilih mendirikan yang namanya perusahaan komanditer? Karena, alasan yang paling mendasar adalah modal yang memang tidak terbatas bahkan kamu bisa menanamkan yang modal dengan keadaan yang pas-pasan. Sebagian besar CV yang ada di Indonesia ini mendirikan beberapa industri untuk kegiatan rumah tangga atau industri berukuran kecil. Pendirian CV ini tidak hanya mudah karena mudah dalam permodalan, kamu bisa dengan praktis mendirikan perusahaan berbentuk CV ini lebih sederhana tidak seperti perseroan terbatas (PT). Walaupun begitu, kamu bisa mengetahui prosedur praktis dalam mendirikan CV ini melalui KUHD (Kitab Undang-undang Hukum Perdata) di dalam pasal 16-35. Jika kamu tidak mau repot-repot dalam mendirikan CV kamu bisa menggunakan jasa pembuatan CV  agar kamu tidak bolak-balik harus mengurus dokumen-dokumen yang diminta untuk mendirikan sebuah CV. Walaupun begitu jikalau kamu menggunakan jasa perusahaan untuk mengatur segala pembuatan CV, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan yaitu Fotocopy KTP pendiri (minimal 2 orang pendiri yang tidak memiliki status sebagai suami istri), meminta formulir pembuatan perusahaan komanditer (CV) dan mengisinya, fotocopy kartu keluarga dari penanggung jawab utama CV atau bisa disebut sebagai persero aktif, NPWP para pengurus perusahaan, fotocopy PBB dalam tempat usaha, fotocopy surat kontrak jika ada kontrak di dalam perusahan, dan pas foto berukuran 3×4 untuk penanggung jawab utama. Dalam hal ini, berkas-berkas yang dikumpulkan ini akan disurvei langsung untuk dicocokkan dengan data yang diserahkan terhadap pembuatan perusahaan komanditer.

Memang setelah memberikan penjelasan mengenai pembuatan perusahaan komanditer melalui jasa yang melayani pembuatan CV, pada kesempatan kali ini akan memberikan prosedur pembuatan CV yang ingin kamu lakukan sendiri tanpa perlu repot dan praktis sesuai dengan prosedur KUHD pasal 16-35 dan diantaranya sebagai berikut:

  1. Membuat akta berdirinya perusahaan komanditer (CV)

Yang paling awal dilakukan adalah dengan membuat akta pendirian CV. Mengapa perlu dilakukan? Karena, hal seperti ini sudah ada di dalam KUHD pasal 19. Jadi, hal seperti ini perlu kamu perhatikan baik-baik agar kamu tidak kerepotan mengurusi pembuatan CV. Dalam KUHD dijelaskan bahwasannya perusahaan berbentuk CV ini haruslah didirikan minimal 2 orang dan dibagi menjadi dua bagian sekutu yaitu aktif dan pasif. Untuk membuat akta pembuatan CV ini bisa kamu lakukan ke notaris terdekat.

  1. Melakukan pendaftaran akta pembuatan perusahaan komanditer (CV) ke pengadilan

Hal yang selanjutnya yang bisa kamu lakukan seusai prosedur KUHD, kamu bisa melakukan pendaftaran akta pembuatan CV ini ke tempat pengadilan yang terdekat di wilayah kamu. Hal ini sudah diterapkan dalam psala 23 KUHD, jadi jangan sampai kamu lewatkan hal yang satu ini.

  1. Pengurusan izin usaha perusahaan komanditer (CV)

Langkah yang dilakukan selanjutnya adalah dengan mengurusi yang namanya izin usaha. Kamu bisa melakukan ini ke tempat bernama PTSP yang merupakan singkatan dari pelayanan terpadu satu pintu.

  1. Mengurusi TDP dan ikhtisar resmi Perusahaan Komanditer (CV)

Langkah yang paling terakhir untuk kamu urus adalah TDP atau tanda daftar perusahaan. Hal seperti ini merupakan tanda dokumen yang legalitas untuk dimiliki perusahaan berbentuk CV. Selanjutnya yaitu menggunakan ikhtisar resmi pendirian CV ini ke dalam tambahan berita NKRI. Mengapa hal seperti ini perlu dilakukan? Karena, hal ini sudah sesuai dengan prosedur KUHD yang diterapkan dalam pasal 28.

Begitulah sedikit informasi mengenai pembuatan CV, kamu bisa melakukan pengurusan berkas sendiri atau bisa menggunakan jasa konsultan atau jasa orang ketiga dan yang terakhir menggunakan jasa orang yang melakukan pembuatan CV.