Cara Penggunaan Fitur Tanya Pada Aplikasi Kelas Pintar

Cara Penggunaan Fitur Tanya Pada Aplikasi Kelas Pintar

Gadget

Fitur tanya pada aplikasi kelas pintar merupakan suatu inovasi yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam memakai aplikasi tersebut. Fitur tanya ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar mulai dari bangku sekolah kelas 1 SD sampai pada jenjang pendidikan kelas 12 SMA.

Namun, Anda perlu menunggu sampai pada 1 November 2019 untuk dapat menikmati fitur ini. Karena fitur tersebut sedang dalam masa pengembangan dan percobaan pada aplikasi kelas pintar yang dikembangkan oleh startup dengan nama usaha PT Extramarks Education yang bergerak pada bidang pendidikan dan bertujuan membantu siswa di bangku sekolah agar dapat memperoleh kualitas pendidikan lebih baik.

Sebagai tambahan, aplikasi ini nantinya dapat di unduh secara gratis melalui Google Playstore dan dapat diinstal baik pada iOS ataupun android. Jadi, Anda bisa memiliki media belajar tambahan melalui fitur tanya pada aplikasi kelas pintar tanpa adanya tambahan biaya apapun bagi para siswa.

Cara Penggunaan Fitur Tanya Pada Aplikasi Kelas Pintar

Dilansir dari portal berita https://www.harapanrakyat.com/ bahwa fitur tambahan yang ada pada aplikasi kelas pintar dapat memudahkan siswa untuk bertanya kepada para ahlinya secara online. Jadinya, setiap pertanyaan yang diajukan dapat dijawab dengan baik beserta dengan cara pengerjaan soal tersebut dengan lengkap.

Para ahli yang digunakan dalam aplikasi merupakan guru atau seorang yang expert di suatu bidang dengan jumlah mencapai ratusan orang. Para ahli ini merupakan lulusan dari universitas bergengsi dan ternama dari dalam ataupun luar negeri sehingga kualitasnya tidak perlu Anda ragukan lagi. Oleh karena itu, perlu untuk diketahui cara memakai fitur tanya tersebut, yaitu:

  • Langkah awal berupa download serta install aplikasi kelas pintar pada smartphone yang Anda miliki.
  • Setelah proses instalasi selesai, Anda buka aplikasi tersebut dan pilihlah mata pelajaran apa yang ingin dipelajari. Materi yang ada cukup beragam dan mencakup semua materi dari SD sampai dengan SMA. Karenanya pilihlah materi yang sesuai dengan jenjang kelas Anda.
  • Kemudian akan muncul tampilan berupa Bab-bab materi pelajaran yang dapat dipilih dan tentunya memiliki kaitan dengan yang akan Anda tanyakan.
  • Selanjutnya akan muncul jendela yang mengharuskan Anda untuk foto halaman soal yang ingin ditanyakan. Karenanya, Anda harus mempersiapkan pertanyaan tersebut pada selembar kertas. Namun, Anda juga bisa foto pertanyaan tersebut dari buku pelajaran atau buku tulis masing-masing.
  • Kemudian Anda dapat atur foto tersebut agar pertanyaannya dapat dibaca dengan jelas. Kemudian kirimkan pertanyaan tersebut.
  • Tunggulah beberapa menit maka jawabannya akan segera Anda peroleh.

Fitur tanya pada aplikasi kelas pintar ini masih dalam tahap awal sehingga terdapat kelebihan serta kekurangan di dalam aplikasi ini. Beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut adalah:

  • Siswa dapat menyelesaikan berbagai soal permasalahan dengan mudah dan dalam waktu yang relatif cepat.
  • Jika dimanfaatkan dengan baik maka semangat siswa dalam belajar akan meningkat dan dapat mendorong prestasi yang lebih baik.
  • Namun, Fitur tanya pada aplikasi kelas pintar ini hanya berlaku pada waktu tertentu yaitu dari pukul 18.00 sampai dengan 21.00 sehingga siswa diharuskan sudah mulai belajar pada rentang waktu tersebut. Padahal tidak semua siswa dapat belajar pada waktu tersebut, karena beberapa diantara siswa tersebut harus membantu orangtua ataupun mengikuti les tambahan.
  • Fitur ini hanya dapat digunakan selama 5 hari saja yaitu dari hari senin sampai dengan jumat. Padahal waktu belajar yang paling longgar bagi siswa adalah hari sabtu dan minggu. Karena pada dua hari tersebut siswa hanya melakukan kegiatan ekstrakurikuler serta hari libur. Tentu aplikasi ini diharapkan dapat digunakan setiap hari tanpa adanya batasan waktu.

Nah, itulah dia cara penggunaan dari fitur tanya pada aplikasi kelas pintar tersebut. Selain dapat digunakan secara gratis, Anda juga dapat mengikuti fitur berlangganan dengan beberapa program yang ditawarkan.

Salah satu program tersebut adalah MBG (Money Bak Guarantee) yaitu fitur langganan selama satu tahun dengan biaya Rp 3.000.000, dimana jika nilai siswa tersebut tidak mencapai target maka uang yang diberikan akan kembali.

Tentu terdapat syarat dan ketentuan yang harus Anda ketahui sebelumnya. Namun, yang pasti aplikasi ini sangat berguna karena dapat membantu siswa untuk mencapai prestasi terbaik selama dibangku sekolah.