Cara Mengobati Radang Sendi pada Lutut

Kesehatan

Pernahkah kamu mengalami nyeri pada lutut? Mungkin hal ini sering terjadi pada keseharian. Menurut alodokter.com radang sendi atau yang biasa disebut dengan artritis merupakan suatu kondisi terjadinya peradangan atau inflamasi dalam satu atau beberapa sendi. Menurut dr. Tania Savitri dari hellosehat.com radang sendi lutut atau yang dikenal dengan osteoarthritis lutu adalah kondisi di mana bantalan alami antara sendi dan tulang rawan mulai menipis. Ketika hal ini terjadi, tulang akan bergeser akibat berkurangnya kemampuan penyerapan tulang rawan. Radang sendi pada lutut ini adalah gangguan sendi yang paling umum, yaitu terjadi pada sepuluh persen pria dan tiga belas persen wanita berusia enam puluh tahun ke atas. Jumlah yang terkena radang sendi lutut simptomatik cenderung meningkat karena obesitas dan penuaan.

Lalu bagaimana cara mengobati radang sendi pada lutut? Sebelum mengetahui cara mengobati radang sendi lutut ini, kamu perlu mengetahui gejala dan penyebab dari radang sendi lutut.

Tanda dan gejala dari radang sendi lutut seperti kekakuan sendi terutama ketika setelah beristirahat, namun kondisi ini akan menghilang seiring dengan kamu melakukan pergerakan. Gejala nyeri juga dapat dirasakan terutama ketika menggerakkan lutut dan kondisi ini akan membaik jika kamu beristirahat. Selain itu gejala lainnya adalah pembengkakan keras yang disebabkan oleh osteofit dan pembengkakan yang munat disebabkan oleh munculnya cairan ekstra pada sendi. Gejala umum lainnya termasuk lutut lemah karena otot tubuh menjadi lemah dan struktur sendi menjadi kurang stabil, lutut menjadi bengkok dan melengkung dan otot tampak tipis dan melemah. Dalam beberapa kasus, penderita dapat mengalami nyeri pada lutut hingga membuat mereka terbangun di malam hari. Biasanya ini terjadi pada ostroarthritis lutut yang berat.

Apa yang menyebabkan radang sendi lutut? Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengamali radang sendi lutut dan penyebab paling umum adalah usia. Oleh karena itu, wajar saja jika kamu sering mendengar orang lanjut usia terkena penyakit ini karena itulah penyebab utama penyakit ini terjadi. Beberapa penyebab lainnya adalah berat badan yang dapat menambah beban pada lutut, jenis kelamin yang biasanya lebih banyak menyerang pada wanita, faktor keturunan dan mutasi genetik, dan cedera berulang yang merupakan akibat dari jenis pekerjaan yang dimiliki seseorang. Penyakit lainnya seperti rheumatoid arthritis juga lebih mungkin untuk terkena osteoarthritis lutut.

Menurut honestdocs.com ketika radang sendi menyerang, maka gejala dominan yang banyak dikeluhkan adalah rasa sakit dan keterbatasan gerak. Menggunakan obat radang sendi sebagai cara mengobati radang sendi adalah salah satu solusi untuk mengatasi penyakit ini. terapi dengan obat bertujuan untuk mengatasi masalah keluhan dengan cepat serta mengurangi risiko kerusakan sendi dan tulang lebih lanjut. Tidak ada pengobatan yang efektif yang tidak menyebabkan efek samping, pada penyakit ini untungnya efek sampingnya tidak serius. Obat untuk mengobati gejala arthritis seperti nyeri dan kekakuan adalah  tramadol. Obat ini dapat mengurangi kekakuan dan pembengkakan serta menghilangkan rasa sakit. Gunakan dosis terendah yang bisa mengontrol rasa sakit dan peradangan. Perawatan yang menekan penyakit indlamasi dan mencegah kerusakan sendi dapat dilakukan dengan obat rheumatoid arthritis yang dapat memperlambat atau menghentikan sistem kekebalan tubuh agar tidak menyerang sendi. Obat ini memiliki efek yang lambat selama beberapa minggu.

Itulah yang dapat kamu ketahui tentang cara mengobati radang sendi pada lutut. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter jika gejala yang ditimbulkan susah hilang atau sudah parah.