Makanan Sehat untuk Jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung dan Makanan Sehat untuk Jantung

Kesehatan

Jantung merupakan organ paling penting untuk manusia yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh dengan denyutan 72 kali untuk setiap menitnya jika sedang beristirahat, dan mampu memompa darah hingga 7 liter pada setiap menit. Jantung mudah sekali mengalami penyakit bahkan di Indonesia penyakit jantung merupakan yang paling mematikan. Hal ini tentu dibutuhkan cara mencegah penyakit jantung sehingga akan membantu manusia mencegah dan mengobati penyakit yang sudah ada. Banyaknya makanan cepat saji saat ini membuat nilai kesehatan mulai turun dan tidak diperhatikan, sehingga beberapa pantangan untuk penderita perlu diketahui.

Untuk mencegah penyakit pada jantung maka bersantai dan hilangkan stress dengan cara berolahraga maupun meditasi dan curhat dengan orang terdekat. Penderita juga perlu merawat berat badan, memperbaiki makanan dengan mengurangi garam, lemak jahat atau makanan yang digoreng dengan menggantinya dengan makanan sayuran maupun buah berwarna. Tidak ada salahnya melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya untuk membakar kalori dan membatasi alkohol yang menjadi keinginan, jika ingin meminum alkohol paling banyak satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria. Jika diperlukan sebaiknya melakukan pemeriksaan darah sehingga tekanan darah, kolesterol dan gula tetap stabil. Selain itu, sebaiknya menghilangkan kebiasaan untuk merokok.

Berikut adalah jenis penyakit jantung diantaranya:

  • Penyakit arteri koroner dengan kondisi dinding arteri menebal karena akumulasi lemak sehingga menyumbat darah yang akan masuk dan meningkatkan tekanan darah.
  • Trachycardia dengan peningkatan denyut jantung dimana palpitasi dan detak semakin tinggi karena stress, merokok dan alkohol.
  • Penyakit otot jantung yang melemah sehingga akan otot melambat dan tidak cukup memompa darah cukup ke seluruh tubuh.
  • Penyakit katup jantung dimana salah satu atau lebih dari satu tidak bekerja dengan baik sehingga akan mengalami angina dan stroke.
  • Bradikardia merupakan denyut jantung yang melambat sehingga otot menjadi lelah dan diperlukan alat pacu jantung sehingga akan memacu jantung yang lemah.

Selain itu, terdapat juga penyakit jantung bawaan dimana bayi yang dilahirkan memiliki jantung lemah atau lubang pada jantung sehingga perlu dioperasi namun tidak semua berhasil. Gangguan serebrovaskular dimana hal ini akan membuat stroke pada otak. Ateroskleoris merupakan pengerasan arteri yang membuat racun, endapan wabah dan lemak meningkatkan serangan stroke dan jantung. Beberapa penyakit ini tentu timbul karena beberapa kebiasaan makanan yang tidak dijaga.

Berikut adalah pantangan makanan untuk penderita maupun bukan penderita jantung dalam hal mencegah:

  • Burger cepat saji yang memiliki lemak jenuh dari hewan dengan karbohidrat yang memberikan efek pada kesehatan jantung, terutama jika dimasak tidak sehat.
  • Daging olahan seperti sosis atau bakon memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga akan membuat tekanan darah tinggi naik.
  • Gorengan dengan metode konvensional membuat kolesterol jahat menjadi naik sebaiknya jika ingin menggoreng dapat menggunakan minyak zaitun maupun kelapa.
  • Permen dan minuman yang terlalu manis akan membuat gula menjadi ancaman dalam tubuh terhadap diabetes, kolesterol tinggi, dan inflamasi yang menjadi penyebab jantung.

Cara mencegah penyakit jantung dengan mengonsumsi kacang hitam yang menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi anggur merah dengan dan resveratrol dengan dua gelas atau satu gelas yang dikonsultasikan dengan dokter. Salmon merupakan makanan yang paling baik untuk kesehatan jantung dengan omega 3 dengan cara mengolahnya dengan memanggang. Begitu juga dengan menggunakan tuna dengan merebusnya menggunakan air tanpa minyak atau menggunakan minyak zaitun dalam mengolah setiap makanan.