Beberapa Sebab AC Mobil Tidak Dingin yang Harus Diketahui

Beberapa Sebab AC Mobil Tidak Dingin yang Harus Diketahui

Others

Tidak dimungkiri memang bahwa AC adalah salah satu komponen atau aksesoris mobil yang sangat penting. Dengan adanya AC, mobil akan terasa nyaman selama perjalanan berlangsung dan tentu Anda akan merasa betah. Sayangnya, terkadang timbul masalah berupa AC mobil tidak dingin yang tentu akan sangat mengganggu.

AC yang tidak dingin akan membuat suasana di dalam mobil akan menjadi sangat gerah dan tidak nyaman. Selain itu, bau tak sedap juga seringkali muncul karena diakibatkan sirkulasi udara yang tidak lancar dan maksimal sebab AC yang mati.

Nah, perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab kerusakan AC mobil ini yang perlu diketahui. Apa saja penyebab utama AC mobil yang tidak dingin? Simak ulasan di bawah ini.

Beberapa Sebab AC Mobil Tidak Dingin

Mengetahui penyebab dari masalah AC mobil yang tidak dingin adalah hal yang cukup penting. Dengan mengetahui sebab-sebab ini, maka Anda bisa melakukan upaya pencegahan dan juga perbaikan yang tepat.

Adapun beberapa penyebab dari masalah AC mobil yang tidak dingin tersebut adalah sebagai berikut:

  • Freon AC habis

Salah satu penyebab umum masalah AC mobil yang tidak dingin adalah freon yang habis. Ini adalah masalah klasik yang memang seringkali terjadi. Perlu diketahui, AC bekerja dengan freon. Nah, jika freon habis, maka secara otomatis kinerja AC akan berkurang dan AC tidak bisa memberikan hawa dingin ke dalam ruangan mobil.

Namun, perlu diketahui bahwa freon yang habis juga memiliki penyebab. Dalam hal ini, freon yang habis bisa disebabkan oleh adanya kebocoran pada AC, terutama pada sistem. Oleh karena itu, pengecekan harus senantiasa dilakukan.

  • Kondensor dan radiator yang kotor

Penyebab lain dari masalah AC mobil yang tidak dingin adalah kotornya bagian kondensor dan radiator. Kedua komponen ini bisa dikatakan sebagai komponen AC mobil yang sangat penting. Ya, keduanya berperan untuk membuang udara panas yang ada di dalam mobil dan menggantinya dengan udara yang lebih sejuk.

Oleh karena itu, ketika kedua komponen ini kotor, maka sebaiknya Anda langsung melakukan pemeriksaan. Dengan pemeriksaan yang dilakukan, maka kerusakan pada komponen ini bisa ditanggulangi dengan cepat.

  • Motor kipas pendingin mati

AC mobil yang tidak dingin juga bisa muncul dan terjadi karena kerusakan yang ada pada bagian motor kipas pendingin. Kipas pendingin adalah salah satu komponen yang ada di dalam kondensor. Fungsi utama dari kipas ini adalah mendinginkan udara panas yang masuk dalam kondensor.

Nah, jika kipas pendingin ini mati, bisa dikatakan bahwa kerusakan AC mobil akan terjadi. Kondensor tidak akan bisa bekerja dengan optimal sehingga udara yang keluar dari AC pun akan tetap menjadi udara yang panas.

  • Kompresor yang aus

Penyebab masalah AC mobil yang tidak dingin lainnya yang juga cukup sering terjadi adalah kompresor yang sudah rusak. Kompresor memiliki fungsi yang sangat penting karena akan menekan freon sehingga bisa mengeluarkan udara dingin dengan maksimal.

Nah, kerusakan yang terjadi pada kompresor ini akan membuat AC mobil tidak akan bisa bekerja dengan baik. Akibatnya, freon tidak bisa keluar dengan maksimal dan AC mobil tidak dingin.

Nah, demikian beberapa penyebab dari masalah AC mobil yang tidak dingin. Jika beberapa penyebab tersebut muncul dan berhasil diidentifikasi, maka ada baiknya jika Anda langsung membawanya ke tempat service AC mobil. Dengan demikian, kerusakan pada AC akan bisa ditangani dengan cepat.