7 Tips Membuat Desain PowerPoint Terlihat Menarik

7 Tips Membuat Desain PowerPoint Terlihat Menarik

Lifestyle

Desain PowerPoint yang digunakan dalam presentasi harus menarik. terlebih jika fungsi dari presentasi tidak hanya untuk menyampaikan materi tetapi juga untuk mengajak audiens agar mengikuti apa yang dipresentasikan. Tentunya perlu keahlian untuk mendesain slide agar provokatif. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips untuk mendesain slide agar terlihat menarik.

  • Menggunakan Theme Custom

Theme custom tidak hanya sekumpulan warna dengan pilihan font huruf. Tema yang tersedia dalam Power Point ini muncul dengan membawa gagasan di dalamnya untuk mendesain. Tema ini memberikan keuntungan bagi Anda karena tidak perlu membuat tema. Anda hanya perlu fokus pada konten slide pada placeholder tanpa berpikir tema.

  • Konsistensi Align Text

Sama seperti di Word, Align di sini juga berfungsi untuk meratakan teks pada slide Anda. Teks yang memiliki rata konsisten akan membuat slide pada presentasi Anda terlihat bersih. Beberapa audien akan memperhatikan hal se sepele ini, teks yang tersusun rapi akan memiliki anggapan bahwa presentatornya profesional dalam presentasi.

  • Menerapkan Built-In Slide Layouts

Power Point akan menyediakan banyak layout untuk mendesain slide Anda. Anda hanya perlu menggunakan yang sesuai dengan konten yang Anda letakkan dalam slide. Layout merupakan fokus awal saat membuat desain powerpoint karena akan memuat konten presentasi. Gunakan layout karena dilengkapi dengan placeholder untuk teks dan gambar.

  • Mencoba Varian Skema Warna

Tersedia degradasi warna pada Power Point, Anda hanya perlu memilih dan disesuaikan dengan konten. Caranya dengan mengklik drop-down di samping Themes yang berada di tab Design. Anda bisa memilih warna yang berbeda untu setiap slide. Agar mencegah re-style pada slide, Anda bisa melakukan langkah ini sebelum memasukkan teks.

  • Menggunakan Fitur Alignment

Selain teks yang perlu adanya rata, slide yang letaknya sesuai antara satu dengan lainnya akan terlihat lebih baik dan enak dipandang. Anda bisa mengatur benda agar berada di tempat atau di baris tertentu. Caranya, benda dalam slide diseret, kemudian akan muncul pemandu yang berfungsi untuk menyusun objek. Trik ini akan memperbaiki tampilan slide Anda.

  • Konten yang Dimuat Tidak Terlalu Banyak

Konten dengan jumlah banyak yang dimuat dalam slide Power Point akan membuat perpindahan slide menjadi lebih lambat. Selain itu audien juga menjadi tidak fokus jika konten yang diberikan terlalu banyak. Meskipun banyak materi yang akan disampaikan, sebaiknya tetap memperhatikan jumlah konten dalam slide.

Konten yang dicantumkan dalam slide harus poin penting yang dipahami audien. Jika konten berlebihan, maka konten akan kehilangan poin pentingnya dan membuat audien bingung dalam mengambil kesimpulan presentasi. Anda hanya perlu menjelaskan secara verbal untuk penjelasannya. Lalu poin pentingnya ditekankan dalam slide untuk diingat.

  • Memahami Kembali Tujuan dari Presentasi yang Disampaikan

Terkadang presentasi yang dibuat tidak tepat sasaran atau hanya membuang waktu karena salah dalam membuat tujuan awalnya. Terlebih jika materinya sangat luas, banyak konten yang tumpang tindih. Harusnya dijelaskan di awal, malah berada di bagian tengah dan sebaliknya. Anda bisa menggunakan fitur Slide Sorter View untuk memilih urutan slide.

Beberapa tips dalam membuat desain PowerPoint yang menarik telah dijelaskan. Bagi Anda yang tidak punya waktu untuk membuat desain PowerPoint sendiri, Anda bisa meminta bantuan kepada pihak penyedia jasa pembuatan presentasi. Jasa-jasa dari para desainer PowerPoint handal bisa Anda dapatkan di fastwork.id