5 Makanan yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

5 Makanan yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Parenting

Hamil merupakan momen paling membahagiakan yang diidamkan seluruh wanita di dunia. Jika trimester pertama identik dengan mual dan muntah, maka perkembangan kehamilan trimester kedua sudah memberikan sensasi nyaman. Wanita sudah mulai terbiasa dengan kandungan yang mulai membesar. Perkembangan janin 19 minggu mulai bisa mengontrol pergerakan tubuh dengan indera pengecap dan pendengar yang lebih peka. Pastikan Anda memberikan asupan nutrisi yang tepat agar perkembangan buah hati lebih sempurna, ya!

Menu yang wajib dikonsumsi ibu hamil trimester kedua

Pada kehamilan yang memasuki trimester kedua, Anda bisa merasa lebih nyaman karena morning sickness yang berkurang. Terapkan kebiasaan makan lebih sering dalam jumlah porsi sedikit, ya! Namun, kurangi mengkonsumsi camilan atau kue kering yang tidak memiliki nutrisi untuk perkembangan janin 19 minggu. Anda wajib memasukkan 5 menu wajib yang mengandung nutrisi terbaik untuk si kecil yaitu :

1. Susu

Kebutuhan kalsium wanita hamil harus tercukupi dengan baik sehingga Anda wajib mengkonsumsi susu hamil secara rutin. Boleh memilih konsumsi produk olahan susu seperti keju atau yoghurt. Kalau Anda mengalami alergi terhadap susu sapi, pilih jenis susu kedelai yang lebih aman dengan kandungan nutrisi tak kalah tinggi.

2. Sayuran

Kandungan nutrisi pada sayuran sangat mendukung perkembangan buah hati di dalam kandungan, misalnya vitamin C, vitamin K, serat, folat, kalium, dan antioksidan. Jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi setiap hari antara lain wortel, brokoli, bayam, kubis, kentang, dan lain-lain. Mengkonsumsi sayuran yang kaya zat besi bisa meminimalisir risiko anemia pada ibu hamil, lho!

3. Buah

Pilih menu buah-buahan sehat untuk mendukung perkembangan buah hati lebih baik. Buah alpukat, apel, kiwi, mangga, jeruk, dan pisang cocok menjadi camilan sehat Anda dibandingkan menu keripik atau camilan kemasan. Sebaiknya cuci bersih buah agar terhindar dari risiko  kontaminasi bakteri.

4. Kacang-kacangan

Selain buah, camilan yang cocok dikonsumsi di antara waktu makan ibu hamil adalah kacang-kacangan. Anda bisa memilih kacang almond, kacang tanah, kacang polong, edamame, dan lain-lain yang terbukti mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, dan masih banyak nutrisi lain.

5. Sumber protein hewani

Sumber protein hewani yang cocok Anda konsumsi selama menjalani kehamilan trimester kedua adalah ikan, daging dan telur. Namun, Anda tidak boleh mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri untuk mencegah risiko pertumbuhan bayi yang abnormal.

Pilih jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri minim seperti ikan sarden, makarel, lele, dan salmon. Hindari konsumsi ikan tuna atau tongkol yang mengandung merkuri tinggi, ya!

Rekomendasi menu makanan sehat untuk ibu hamil trimester kedua bisa mendukung perkembangan janin 19 minggu dengan baik. Jika Anda membutuhkan tambahan vitamin atau suplemen penambah darah, pastikan konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan kepercayaan, ya!