5 Gaya Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

5 Gaya Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol  

Lifestyle

Penyakit karena penumpukan kolesterol bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah dan juga kompleks, misalnya adalah penyakit jantung. Meski kolesterol juga berguna untuk tubuh, kadar kolesterol harus selalu dijaga keseimbangannya. Cara menurunkan kolesterol ada berbagai macam, mulai dari mengendalikan konsumsi makanan hingga penerapan gaya hidup sehat.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Penurunan kolesterol bisa dilakukan dengan cara yang alami. Jika Anda memiliki risiko tinggi mendapat penumpukan kolesterol, sebaiknya Anda segera mengubah pola makan dan menerapkan pola hidup yang sehat. Beberapa di antaranya adalah:

1.     Mengganti Camilan

Camilan sangat membantu Anda yang sering kali merasa lapar sebelum waktunya makan besar. Apabila Anda mengidap penyakit asam lambung, camilan mengatasi kenaikan asam lambung untuk menghindari perut sakit.

Agar menekan kolesterol dalam darah dari makanan, gantilah camilan Anda dengan camilan rendah kolesterol jahat dan tinggi akan kolesterol baik. Camilan sehat bisa dimulai dari buah-buahan segar, kacang-kacangan (dalam batas tertentu), coklat hitam, atau yogurt.

2.     Perbanyak Makan Serat

Dalam menu makan Anda, setidaknya sediakan sayur sebagai makanan utama. Sayur segar akan lebih baik dibanding sayur yang dimasak terlalu lama. Sayur-sayuran memperlancar penyerapan kolesterol dalam tubuh. Dengan demikian, penumpukan kolesterol jahat akan lebih lancar dan bisa dibuang.

3.     Menyempatkan Olahraga

Motivasi diri Anda untuk berolahraga. Setidaknya, jalan-jalan keliling kompleks perumahan atau naik turun tangga setiap hari bisa membantu Anda bergerak, setelah itu tingkatkan olahraga menjadi jogging atau bersepeda.

Olahraga membantu pengangkutan kolesterol jahat di dalam darah menuju ke empedu sehingga bisa dibuang. Olahraga menstimulasi ukuran dari protein yang bertugas mengangkut kolesterol dalam darah. Agar tetap termotivasi dengan cara menurunkan kolesterol ini, ajaklah teman untuk berolahraga bersama.

Jika protein tersebut berukuran besar dan padat, maka pembuluh darah akan tersumbat. Dengan berolahraga, ukuran protein tersebut bisa mengecil sehingga pengangkutan berjalan lancar.

4.     Mengonsumsi Omega-3

Kolesterol HDL atau high density lipoprotein merupakan jenis kolesterol baik untuk tubuh. HDL bisa Anda peroleh dari omega-3, baik melalui tambahan omega-3 maupun dari makanan-makanan yang mengandung zat ini. HDL dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit yang berkaitan dengan arteri koroner.

5.     Menjalani Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat sangat penting meski Anda tidak berisiko terkena kolesterol yang tinggi. Hidup yang sehat dimulai dari pengaturan jam tidur, pengelolaan stres, dan juga memperhatikan pola makan. Selain itu, kualitas hidup juga akan lebih terjamin, tidak mudah lelah, berat badan terjaga, serta tidak mudah terkena penyakit.

Cara menurunkan kolesterol sebenarnya tidak terlalu rumit. Salah satu kunci dari kelima hal di atas adalah pengendalian diri, yaitu termasuk dalam mengendalikan diri untuk tidak terlalu makan makanan berlemak secara berlebihan.